RSS

Kiat Mendidik Anak

Bagi para Netters , kaum ibu khususnya saya mencoba menuliskan beberapa tips untuk mendidik anak yang bukan cara yang mudah bagi kaum ibu dan semoga bermanfaat yang walaupun juga saat ini saya sendiri yang dikarunia 3 putri yang masih balita yang saya coba tanamkan pada putri2 cilik saya.
1. Percaya Diri (Dasar)Anak umumnya membentuk kepercayaan dirinya melalui suasana lingkungan , bersumber dari nada suara, bahasa tubuh dan ekspresi kita yang akan diserap oleh anak. Dari kata-kata dan tindakan kita sebagai orang tua akan sangat berpengaruh pada perkembangan anak. Kita bisa berikan pujian yang akan membuat anak bangga, membiarkan mereka melakukan hal yang mereka inginkan untuk dirinya sendiri, yang akan membuat mereka merasa mandiri. dan sebaliknya membandingkan anak dengan anak lain akan membuat mereka merasa tak berguna. Sebagai acuan kita sebagai or-tu, hindari untuk membuat pernyataan kalimat seperti "bodoh" atau "kelakuan kamu seperti bayi", komentar ini akan tertanam dalam diri anak. usahakan sebisa mungkin pilih kalimat yang tepat saat kita ingin berbicara dengan anak. Biarkan anak tahu bahwa semua orang bisa melakukan kesalahan dan kita tetap menyayanginya yang walaupun dalam diri kita tidak menyukai apa yang dia lakukan.
2. Memuji Pernahkan terbersit dalam pikiran kita bahwa kita suka bereaksi negatif terhadap anak ? mungkin jika ingat2 sering sekali kita lakukan hal ini terhadap tanpa jarang terucap untuk memuji untuk memberikan kesenangan pada hati anak kita.Dengan kita memberikan pujian dengan kasih sayang akan menanamkan keberanian pada anak untuk terus berperilaku baik dalam jangka waktu lama.
3. DisiplinDengan kita menanamkan disiplin pada anak akan menolong anak untuk berprilaku yang baik dan belajar mengontrol diri dan juga dapat melihar batas-batas yang kita kembangkan untuk mereka agar bisa bertanggung jawab ketika dewasa kelak. Kita bisa menciptakan peraturan2 dirumah akan menlolong anak mengerti harapan2 kita dan mengontrol diri seperti : mengatur waktu nonton tv sebelum mereka menyelesaikan PR-nya atau tak boleh memukul atau memanggil nama pada yg lebih tua dsb.
4. Waktu LuangKesibukan pada or-tu yg bekerja terkadang membuat anak sulit untuk berkumpul walaupun hanya untuk makan malam bersama ataupun liburan. Kita tidak menyadari dari kebersamaan tsb penting utk menjalin kedekatan dan keakraban pada anak. Sebisa mungkin sediakan waktu bersama spt. saparapn , jalan2 waktu liburan akhir minggu dsb.
5. Menjadi Contoh Yang BaikAnak yang msh belia umumnya akan belajar berprilaku dari orangtua dari sejak dini. Dengan demikian kita harus berhati2 berprilaku didepan anak2 spt kita sedang marah2 dengan memukul , si anak akan memiliki contoh pada temannya sendiri.
6. KomunikasiKita sebagai or-tu sebisa mungkin menyisihkan waktu untuk dapat berkomunikasi pada anak dengan memberikan penjelasan jika sedang membuat PR atau nonton TV, bersikap terbuka atau membahas suatu masalah.
7. FleksibelJika kita kewalahan atau tak sanggup menghadapi prilaku anak, bisa jadi karena harapan kita terlalu besar. Kebanyakan kita para or-tu berharap anaknya bisa menjadi apa yg kita inginkan . dan lingkungan memberikan pengarauh besar pada perkembangan anak. Kita selalu mengatakan "tidak' atau "jangan" tidak baik utk perkembangannya, maka bersikaplah fleksibel dan jangan terlalu kaku.
8. CintaSebagai or-tu , kita bertanggung jawab penuh untuk mendidik anak2 kita dengan memperbaiki dan memimpin anak. Jauhkan diri kita pada anak yang hanya selalu mengkritik , menyalahkan atau mencari kesalahan yang dpt membuat tidak percaya diri pada si anak. Cobalah kita bersikap menyayangi dan mencintai.
9. Orang Tua bukan SupermanYang perlu kita sadari bahwa kita bukan sebagai Superman, bukan orang yg sempurna, dan kita memiliki kekuatan dan kelemahan . Jadi kita sendiri juga harus mengenali diri kita sendiri dan juga kenali kemampuan kita, miliki pengharapan atas diri kita, pasangan serta anak2 kita. Mulailah kita mempunyai management yang baik dalam hal mendidik anak, fokukskan pada hal yang butuh perhatian yang besar. Akui jika anda tak sanggup. Memperhatikan kebutuhan diri yang nantinya akan membuat kita egois. Dengan demikian , kebutuhan kita penting sebagai contoh anak.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments: